Senin, 19 Oktober 2015

Bagian Bagian Dota 2

 LANE

















Lane adalah jalanan-jalanan menuju tim musuh, di DOTA 2 terdapat 3 lane yaitu top, middle dan bottom atau atas, tengan dan bawah. Apabila anda berada di tim radian, top adalah hardlane/offlane dan bottom adalah easylane/safelane, namun apabila anda berada di tim Dire maka top adalah safelane anda dan bottom adalah hardlane anda. Strategi dasarnya biasanya adalah 2 hero atas, 1 tengah dan 2 bawah. Pada awal game atau early game anda dapat memilih dimana anda akan berada, anda bisa juga berpindah tempat kapanpun untuk membantu teman anda. Tujuan berada di lane ini adalah untuk push/meyerang atau mendorong creeps dan tim untuk menghancurkan tower di setiap lane, selain itu sebenarnya kita berada di lane ini adalah untuk mendapatkan XP dan Gold, nah untuk mendapatkanya itu anda membutuhkan farm atau membunuh creep-creep musuh. Setiap lane memiliki 3 tower dan 2 barracks. Nah kalo bisa kita nyicil untuk menghancurkan tower-tower tersebut. Pada awal game memang hero-hero akan menuju lane-lane dengan formasi 2 1 2 atau ada juga yang berformasi 3 1 1 , namun terkadang ada hero yang tidak melakukan farm di lane namun di jungle atau hutan.

Perlu diketahui middle lane atau lane tengah adalah lane untuk hero-hero yang dapat membantu lane atas atau bawah, karena di midlane biasanya hero solo atau sendiri maka dia akan mendapatkan XP lebih cepat dan mampu mendapatkan level pun juga lebih cepat dibanding lane-lane lainya, maka dia dapat membantu lane lain dengan mudah. Perlu juga diketahui bahwa midlane adalah lane yang harus bertanggung jawab, karena apabila anda gagal farm di mid maka akan dapat membuat tim kalah.

XP dan Gold
XP atau experience dan gold ini bisa anda dapatkan dengan banyak cara. XP adalah point yang akan memberikan anda level, setiap level anda akan dapat mempelajari kekuatan baru atau biasa disebut skill baru. Sedangkan gold adalah uang untuk membeli item. Nah XP ini akan didapat setiap kali ada unit musuh (creep, hero dll) yang mati dekat dengan anda yaitu berjarak 1300 radius dari hero anda. Sedangkan gold akan anda dapatkan setiap kali anda last hit atau membunuh creep atau hero saat terakhir, menjadi hero yang hit dari sebelum sampai mati. Anda juga dapat meng-deny experience musuh dengan deny creep, hal ini akan membuat musuh menjadi lambat dalam naik level.
  
Last hit
Nah untuk menjadi seorang pemain DOTA 2 yang baik tentu anda harus jago dalam last hit terutama untuk hero yang bertipe carry, setiap hero memiliki damage dan attack speed yang berbeda, maka untuk meng-hit creep agar last hit tidak mudah dan memerlukan kepekaan atau ketelitian tersendiri. Agar mudah anda tidak perlu hit creep sama sekali, tetapi hit hanya saat darah creep sudah terlihat sangat sedikit, dan perkirakan attackspeed dan damage apakah cukup atau tidak untuk mematikan creep tersebut. Anda juga bisa spam klik kanan dan spam tombol s di keyboard agar bisa pas dan mengurangi animasi.

Creeps












Radiant dan Dire masing-masing memiliki lane creeps. Creep radiant berwarna hijau dan Dire berwarna merah, ada tiga tipe creep yaitu melee, ranged dan siege. Melee creep adalah creep yang menggunakan senjata pedang jadi dia hanya dapat close combat, ranged adalah creep yang biasanya dibelakang creep-creep melee yang menggunakan senjata yang jarak jauh, sedangkan siege adalah creep catapault yang damagenya besar terhadap bangunan dan juga mempunyai darah yang lebih tebal atau banyak dibandingkan dengan jenis creeps yang lain. Darah yang dimiliki ranged lebih kecil dibandingkan melee, maka lebih mudah untuk meng-lasthitnya. Creeps ini selalu muncul setiap kelipatan detik 30. Selain itu ada juga creep yang tidak terdapat pada line, yaitu :















ada juga neutral creep yang berada di hutan-hutan. Apakah fungsi creep-creep ini? fungsinya adalah untuk kita dapat mendapatkan XP dan gold tambahan, maka dari itu ada beberapa hero yang memiliki kekuatan tertentu yang dapat farm dengan cara hit creep di hutan bukan dengan creep lane. Neutral creep ada juga kelasnya, ada yang mudah, sulit dan sangat sulit yaitu ancient neutral creeps. Berikut adalah lokasi neutral creeps. 


S : Tempat creeps-creeps yang sangat mudah untuk dibunuh.
M : Tempat creeps-creeps yang mudah untuk dibunuh.
L  : Tempat creeps-creeps yang agak susah untuk dibunuh.
A  : Tempat creeps-creeps yang susah untuk dibunuh.
 



Selain itu ada juga neutral creep yang sangat kuat yaitu Roshan. Roshan hanya ada satu yaitu di lokasi Dire. Apabila roshan terbunuh dia akan mengdrop Aegis of immortality, apabila suatu hero mengambilnya maka hero tersebut dapat hidup kembali apabila mati. Roshan akan respawn setiap lima menit aegis hilang. Apabila Aegis tidak tergunakan setelah 5 menit maka dia akan hilang tetapi meng-regen hero pemegang aegis itu. Apabila Roshan telah terbunuh lebih dari 2 kali maka ia akan mengdrop item bernama cheese yang berguna untuk meng-regen hero yang memakainnya. Roshan ini sulit untuk dibunuh, roshan akan mudah terbunuh apabila hero sudah kuat, namun ada juga beberapa hero yang dapat membunuh roshan dengan cepat tanpa harus kuat terlebih dahulu.


TOWER











Tadi sudah disebutkan bahwa setiap lane memiliki 3 tower, nah tower yang dapat dihancurkan adalah yang paling depan, apabila tower paling depan sudah hancur maka tower selanjutnya dapat dihancurkan. Apabila tidak ada lane-creep dari tim kita dekat dengan tower maka tower memiliki backdoor protection atau sering disebut juga darah tidak habis-habis dan akan sangat-sangat sulit untuk dihancurkan.

Ancient Tower











Bagian terkahir dari semua tower-tower itu adalah Ancient Tower dimana tower ini harus sangat dijaga agar supaya musuh tidak dapat menghancurkannya. Karena tujuan utama permainan Dota ini adalah menghancurkan Ancient tower tersebut agar menjadi pemenang dalem pertandingan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar